Kapan Yang Saat Tepat Memberikan Madu Pada Anak?

Kapan Yang Saat Tepat Memberiknan Madu Pada Anak? Beberapa besar Ibu seringkali telah berikan madu pada anak mulai sejak awal bahkan juga sebagian sejak lahir dengan argumen madu banyak faedahnya utk kesehatan maupun madu jadi pengganti gula. Namum sekarang ini, American Academy of Pediatrics (AAP) masih tetap menyarankan penundaan pemberian madu sampai umur anak di atas 1 th.

Kapan Yang Saat Tepat Memberikan Madu Pada Anak?

Madu utk Bayi di atas umur 1 tahun
Mulai sejak th. 2008, banyak perubahan yang sudah di buat tentang “aturan” kapan bayi bisa mengonsumsi makanan spesifik. Namun tidak serupa dengan MADU, hingga sekarang ini sama seperti dinyatakan dalam AAP Pediatric Nutrition Handbook “Bayi berumur kurang dari 12 bln. mesti hindari semuanya sumber madu”. Pernyataan itu cukup menuturkan kalau apapun yang memiliki kandungan madu mesti dijauhi utk anak dibawah umur 1 th.. Semua jenis bentuk madu itu mencakup ; madu murni, madu mentah, makanan memiliki kandungan madu (sereal, biskuit) serta makanan yang diproduksi dengan madu (dibuat atau dipanggang) .

Kenapa Madu dipending?

Argumen tunda pemberian madu phuceng hingga anak berumur di atas 1 tahun bukan hanya karna kegalauan peluang terjadinya alergi makanan atau tersedak pada anak, walau demikian oleh karna ada penyakit yang cukup serius yakni Botulisme Bayi (Infant Botulisme) . Walau peristiwanya tidak sering, tapi Botulisme bisa beresiko hebat. Sebab bisa membawa dampak kekurangan/paralisis otot, termasuk juga otot pernapasan, hingga si kecil alami masalah pernapasan yang bisa berbuntut pada kematian.

Botulisme bayi diakibatkan oleh karna bayi menelan makanan yang terkontaminasi oleh spora Clostridium Botulinum. Spora itu membawa dampak tumbuhnya bakteri dalam usus bayi yang membuahkan racun Botulisme. Umumnya makanan yang terkontaminasi spora yaitu makanan yg tidak diproduksi dengan baik atau makanan kaleng yang telah kadaluarsa. Selain makanan yang terkontaminasi, nyatanya Madu juga adalah media yang baik utk tumbuhnya spora C. Botulinum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *